KISS Edisi November 2013 : Pertanggungjawaban Manusia

Batam, 30 November 2013, Alhamdulillah kami dari komunitas Bengkel Sabda masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk mengadakan kegiatan pengajian rutin bulanan kami dengan tajuk “KISS : Kajian Islam Sebulan Sekali”.

KISS kali ini bertempat di masjid Darussalam, perumahan Kurnia Djaja Alam (KDA), Batam. Kami mengundang Ustad Zulkifli, tetapi pada hari tersebut, Ustad Zulkifli terserang penyakit sehingga digantikan oleh adiknya, Ustad Hasan. Semoga Ustad Zulkifli dan Ustad Hasan diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

Cuaca pada malam minggu itu sedikit tidak bersahabat, hujan terus mengguyur kota Batam, tetapi hal tersebut tidak mematahkan semangat kami untuk menambah ilmu agama.

Berikut beberapa hal yang bisa saya catat, semoga berguna:

Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah, haruslah mempertanggungjawabkan setiap amal perbuatannya di muka bumi ini. Sesungguhnya Allah telah memberikan pertanda bahwa ajal manusia semakin mendekat,

Rambut kita yang semula hitam, sekarang tidak lagi hitam, dan mulai beruban…
Penglihatan kita mulai berkurang…
Pendengar yang mulai melemah…
Dan tenaga kita yang semakin melemah.

Oleh karena itu kita sebagai manusia, mari mempersiapkan diri, benahi diri, dan perbanyak amal.

Ada beberapa amal yang harus kita pertanggungjawabkan di hadapan Allah:

Solat

Solat adalah kewajiban kita yang paling utama. Telah dikatakan di banyak ayat-ayat Al Quran dan telah banyak diingatkan oleh Nabi melalui hadist, bahwa kewajiban utama manusia adalah menyembah Allah.

Harta

Harta, sebaiknya kita distribusikan ke hal-hal yang tepat. Di dalam harta kita terdapat hak-hak orang lain yang harus kita berikan. Hanya harta yang digunakan di jalan Allah yang akan membentengi kita nanti.
Orang yang dermawan akan dekat dengan Allah, dekat dengan manusia dan dijauhkan dari api neraka.
Jika kita menolong agama Allah, maka Allah akan menolong kita.

Dan ikhlas. Apapun yang terjadi, manusia harus senantiasa ikhlas. (BS/Andria)

Be the first to comment

Leave a Reply