Sejarah Singkat Setahun Bengkel Sabda

Bengkel Sabdaadalah satu komunitas para facebooker yang siap meramaikan jejaring soaial dunia maya. 
Bengkel Sabda tercipta dari satu kesatuan dalam hal minat dan bakat masing-masing dari para anggotanya yang terdiri dari menulis secara lebih khusus.
Dan Bengkel Sabda adalah satu dari sekian banyak komunitas didunia maya yang tetap eksis bersosialisasi antara satu anggota dengan anggota lainnya melalui sebuah bakat yaitu menulis. Dan itu tercermin dari photo profil pertama komunitas ini yaitu sebuah buku yang terbuka luas dengan harapan dengan membaca dan menulis, dunia dalam genggaman.
Dalam perjalanannya, sudah terkumpul beberapa hasil karya berupa tulisan yang berbentuk puisi dan artikel-artikel singkat dari tiap-tiap anggotanya sehingga dari Bengkel Sabda sendiri berinisiatif membuat dan merangkulnya dalam bentuk sebuah buku perdana yang diberi nama “SEPARASI DOA“.

Buku tersebut adalah hasil karya murni dari para anggotanya tanpa menyadur atau menduplikasi dari karya-karya orang lain sebelumnya.
Buku tercipta, pemasarannya pasti ada. Langkah pertama adalah melalui anggota-anggotanya itu sendiri, kerabat terdekat serta Toko-toko buku terdekat. Selain mencakup hal-hal yang telah disebutkan tadi, acara-acara seperti bazaar menjadi ajang promosi dari buku tersebut.
Alhasil, sebagian dari keuntungan dari buku tersebut adalah untuk kegiatan sosial dan disumbangkan untuk sosial kemanusiaan disamping untuk operasional lainnya.

Buku Perdana Separasi Doa
Para Pengurus Bengkel Sabda
Imaska
Fhoto bareng bersama Imaska
Memamerkan hasil kerajinan
Bengkel Sabda Stand Engku Putri

Dan itu terlihat ketika acara peluncuran perdana buku “SEPARASI DOA” yang bertempat di Panti Asuhan Birul Walidain Tiban Housing, yang memberikan sebagian hasil keuntungan dari penjualan buku tersebut kepada pihak pengurus dari Panti tersebut.

Penyerahan Bantuan

Acara peluncuran buku ini perdana ini jg diperagakan pembacaan puisi dari para kontribiutor dan para penulis puisi tersebut dan menyanyikan sebuah lagu dimana lagu tersebut bersumber dari puisi yang sebelumnya telah digubah menjadi syair lagu.
Dalam perkembangannya, komunitas yang dulunya hanya mencakup minat baca dan menulis, lambat laun berkembang menjadi komunitas Seni dan Sosial.
Sudah beberapa Panti dan Yayasan diluar Pulau Batam telah dikunjunginya guna ikut membantu meringankan apa yang mereka butuhkan semestinya.
Misi utama Bengkel Sabda itu sendiri adalah membantu Yayasan atau Panti-panti terpencil dan belum terjamah tangan oleh pihak yang terkait, dan kemungkinan Bengkel Sabda juga siap membantu Panti lain dimanapun mereka berada selama mereka memang layak untuk dibantu dan memerlukan bantuan selayaknya.
Panti-panti yamg pernah Bengkel Sabda kunjungi adalah :

* Panti Asuhan Birul Walidain
Foto Bareng Anak -anak Panti
Pembacaan Puisi
Anak-anak Panti Birul Walidain
Halaman depan Panti
Pembacaan Puisi diiringi musik
Panti di Pulau Korek 
Panti Asuhan Al-Mubarok 
Para Pengurus dan Anak-anak Panti
Belajar menghias Gonggong
Pembacaan Do’a yang dilakukan Anak-anak Panti
Belajar mewarnai
Pemberian Motivasi kepada peserta
Pembelajaran tentang menggambar anak
Pulau Nguan
Sunnatan Massal
Photo Bareng Anggota Bengkel Sabda
MT.TEC Dan MT.NIDEC
Kerjasama dengan RSIA
Pembagian Sembako kepada Warga
Peserta Sunatan Massal
Pemberian Motivasi kepada Anak-anak
Pembagian Sembako
 Panti Asuhan An-nur
Pemberian Bantuan yang dilakukan Oleh Sekretaris BS
Pemberian Bantuan yang dilakukan oleh Wakil Ketua BS
Pemberian Bantuan yang dilakukan oleh Ketua Koordinator Sosial
Pemberian bantuan yang dilakukan oleh Lika Lestari
Pemberian bantuan oleh Marcelinus dan Ilham

Kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin setiap bulannya dari Bengkel Sabda itu sendiri secara eksternal.
Secara internal, Bengkel Sabda sendiri mesih menyimpan beberpa project salah satunya adalah membuat sebuah lagu yang keseluruhan berasal dari sebuah Buku SEPARASI DOA dan telah menghasilkan beberapa lagu yang salah satunya siap untuk dikemas dalam bentuk CD atau rekaman.
Selain Band musik, Bengkel Sabda juga membentuk sebuah grup theater, seni kerajinan tangan, dan fhotography. Hingga Bengkel Sabda merangkul semua aspek diantaranya Seni, Sosial, Media dan Budaya.

Musikalitas, Seni dan Budaya

Perjalanan panjang dan rencana singkat Bengkel Sabda ternyata sudah mampu bersaing dengan komunitas lain bahkan instansi tertentu yang kemudian dihak patenkan dan berbadan hukum dengan No.Notaris AHU-0126.AH.02.01 Tahun 2010, menjadiBengkel Sabda Foundation.

Akta Notaris

Perjalanan panjang itu tercipta berkat kerjasama, kebersamaan, loyalitas anggota satu dengan lainnya hingga tepat tgl 07 Juni 2012, Bengkel Sabda telah memasuki Setahun Kebersamaannya dan berdirinya Bengkel Sabda.
Dengan mengucap kata syukur dan sebagai rasa syukurnya Bengkel Sabda mengadakan acara doa bersama dan acara syukuran. Kemudian beberapa hari setelahnya, disusul acara bersama anggota dengan tema “Funday Anniversary” yang diisi dengan pementasan Band Bengkel Sabda, Lomba ketangkasan serta acara-acara lainnya yang menghibur.

Acara Syukuran dan Anniversary Bengkel Sabda

Tak ikut ketinggalan dan tanpa menangguhkan rasa berbagi sesama, Bengkel Sabda juga memberikan dan membagikan nasi bungkus kepada anak-anak jalanan seminggu setelah acara perayaan Ulang Tahun komunitas ini.

Peduli Anak-anak Jalanan
 

Dan terakhir, Bengkel Sabda juga bersimpati atas musibah kebakaran yang menimpa Panti Asuhan Ummi Al-Fitrah yang berlokasi di Tanjung Pinang dengan menggalang bantuan berupa uang tunai dan pakaian layak pakai dengan diwakili oleh beberapa pengurus dan anggota yang ikut mengunjungi lokasi musibah tersebut.

*Panti Asuhan Ummi Al-Fitrah 
 
Semoga kepedulian kita terhadap sesama tidak akan pernah pupus………
Semoga kebersamaan kita satu sama lain tidak akan pernah terputus……
Semoga fondasi yang telah kita bangun tidak akan pernah hangus…..
Ciptakan Karya, Peduli Sesama…….
Bina Budaya, Luaskan Media…….

Be the first to comment

Leave a Reply