Mencicipi Kuliner Nikmat di Kota Garut

Mencicipi Kuliner Nikmat di Kota Garut

Garut merupakan Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia dengan Ibu Kota Tarogong Kidul. Ada banyak tempat wisata di Garut ini, wisata alam, wisata sejarah, juga wisata kuliner. Untuk kuliner yang khas adalah dodol, kerupuk kulit, sambal, cibiuk, dorokdok, jeruk garut, wajit, emplod, getrek, burayot, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa restoran yang cukup dikenal karena memiliki keunikan khas masing-masing :

1. Rumah Makan Asep Stroberi Garut

Rumah makan yang ada di beberapa tempat di Garut ini, ini menyediakan nasi liwet yang cukup diminati dan populer di kalangan masyarakat. Dirumah makan ini anda dapat menikmati masakan masakan khas sunda, dan mengenai pelayanan, maka pelayanannya cukup cepat dan ramah.

Bukan hanya menyediakan makanan khas Sunda saja, tetapi di rumah makan ini terdapat juga tempat yang bisa dijadikan rekreasi keluarga, seperti adanya danau buatan, perahu, ATV, permainan anak, sampai bangun lucu berbentuk stroberi yang bisa anda masuki.

Rumah makan ini memiliki tempat yang luas, dan makanannya juga terkenal enak, didukung juga dengan area yang sejuk di penuhin rimbunnya pepohonan membuat Rumah Makan Asep Stroberi ini banyak diminati masyarakat di Garut. Rumah makan ini terletak di Jalan Raya Nagrek, Jalan Raya Kadung Kanora, dan Jalan Raya Cimaragas. Buka mulai jam 07.00 sampai 22.00 setiap harinya.

Kuliner Garut Rumah Makan Asep Stroberi Garut
Sumber Gambar : seputarukm.com

2. Pujasega Family Restaurant

Dari luar, rumah makan Pujasega Family Restaurant ini terlihat begitu modern, namun jangan salah, karena setelah anda masuk maka anda akan meilihat restoran khas Sunda yang bernuansa begitu alami, asri dan indah. Didalam restaurant ini terdapat taman bermain anak, sawah kecil, dan juga lesehan di restoran.

Untuk menu yang disajikan pun beragam, mulai dari masakan cina, masakan khas Sunda, bahkan sampai makanan western semua ada. Disini juga tersedia ruang VIP yang bisa anda pesan untuk meeting, ataupun keperluan lainnya.

Pujasega Family Restaurant terletak di Jalan Otto Iskandarinata, Torongon, Garut.

Kuliner Garut Pujasega Family Restaurant
Sumber Gambar : Pujasega Family Restaurant

3. Rumah Makan Cibiuk Garut

Rumah Makan Cibiuk awalnya merupakan warung keciil yang di miliki oleh H. Iyus Ruslan, dimuali pada tahun 1999. Sekarang rumah makan ini menjadi rumah makan besar dengan banyak cabang dan banyak peminatnya. Rumah makan ini bernuanan khas Sunda, anda bisa memilih untuk duduk di kursi atau lesehan.

Menu yang disediakan merupakan menu khas Cibiuk seperti nasi bakar, nasi tutug oncom nasi timbel, ada juga nasi timbel beras merah, gurame, ayam, gepuk, pepes dan masih banyak lagi. Cibiuk sendiri merupakan sebuah nama desa yang berada di Garut.

Rumah makan ini terkenal dengan sambal khasnya yang konon resep sambal cibiuk ini berasal dari Arap. Sambal Cibiuk ini berbeda dengan sambal sambal lain, terbuat dari tomat hijau, serawung, cabai rawit, dan beberapa bumbu lain. Walau terkenal dengan rasa pedasnya, sambal ini tidak akan membuat perut anda panas. Ada beberapa jenis sambal yang bisa anda coba disini seperti sambal asli Cibiuk, sambal Ceurik, Sambal Mangga, Sambal Goreng, dan sambal jenis lainnya

Rumah Makan Cibiuk Garut ini terletak di Jalan Otto Iskandardinata, Toringgi.

Kuliner Garut Rumah Makan Cibiuk Garut
4. Restaurant Seruling Bambu Kampung Sampireun

Restaurant Seruling Bambung terletak di kawasan hotel ternama di Garut, yaitu hotel atau penginapan yang terkenal dengan nama Kampung Sampireun Garut. Hotel ini dapat anda pesan melalui website seperti Traveloka. Restoran ini didesign sedemikian rupa sehingga terlihat sangat kental dengan khas Sunda, dominasi warna yang digunakan adalah warna coklat dengan hiasan bambu bambu, restoran ini dibuat terbuka sehingga terasa menyatu dengan alam dan anda dapat makan sambil bersantai sambil menikmati angin yang sejuk. Disini anda dapat menikmati masakan masakan khas Indonesia, Cina, dan masakan masakan International lainnya. Di resto ini juga terdapat masakan yang unik, Chef memadukan masakan lokal dengan international, seperti Ikan Salmon Panggang ala Kampung Sampireun. Perpaduan antara masakan lokal dan luar tersebut memberikan rasa yang khas dan memiliki sensasi yang berbeda. Menu khas yang lain di restoran ini adalah pencok kacang panjang, acar jagung manis, gurame goreng terbang, nasik tutug, ayam geprek, pisang panggang gulung, tape aroma, dan banyak lagi.

Restoran ini cukup luas sehingga terbagi di 2 tempat, yaitu bangunan utama dan saung saung di bagian belakang, dan anda bisa memilih untuk makan di dalam ruangan, outdoor, atau di saung. Anda juga bisa menyewa tempat ini untuk perayaan pesta ataupun pertemuan.

Di Kampung Sampireun sendiri sering kali menjadi tempat untuk berbulan madu, dan sudah banyak terbukti bagaimana pelayanan disini sehingga anda tidak perlu khawatir lagi akan kualitas penginapan dan masakan di Kampung Sampireun dan Resto Seruling Bambu ini.

Restoran ini beralamat di Jalan Raya Samarang, Kamojang Garut. Jam buka mulai dari jam 07.00 sampai 11.00.

Kuliner Garut Restaurant Seruling Bambu Kampung Sampireun
Sumber Gambar : kampungsampireun.com

Be the first to comment

Leave a Reply