Partisipasi dalam Gramedia Reading Community Competition 2016

 

 

Tulisan ini berawal dari keikutsertaan Komunitas Bengkel Sabda dalam Gramedia Reading Community Competition 2016, kami membuat essai dan dokumentasi dari kegiatan kegiatan kami, dan kami mengirimkan ke Panitia yang bersangkutan. Lalu secara ajaib, kami mendapatkan email balasan untuk tata cara mengikuti lomba tersebut, dan setelah itu kami terseleksi untuk kota Batam, dan kemudian di survey oleh pihak Gramedia dari Kota Batam, dan setelah itu kami diharuskan mengirimkan foto foto kegiatan dari 3 kegiatan yang berbeda dan video dari testimoni masyarakat dan video dari para pengurus Komunitas Bengkel Sabda.

Berikut adalah cerita dari partisipasi Komunitas Bengkel Sabda dalam Gramedia Reading Community Competition 2016 :

 

Hai Komunitas Bengkel Sabda!

Gramedia saat ini sedang mengadakan acara nasional bertajuk Gramedia Reading Community Competition 2016. Pendaftarannya dimulai 1 Maret hingga 31 Mei 2016. Mari segera daftarkan komunitasmu.

Tata cara pendaftaran :
1. Tulis esai mengenai komunitasmu yang berisi: profil komunitas [latarbelakang didirikannya komunitas, struktur organisasi, jumlah anggota, dan penyandang dana (jika ada)] , kisah inspiratif yang pernah dialami oleh komunitas, dan kegiatan komunitas disertai dengan bukti berupa foto.Untuk penggunaan bahasa esai, boleh memakai Bahasa Indonesia ataupun Inggris. Dalam esai ini tidak ada batas jumlah halaman, akan tetapi semakin lengkap esai tersebut dalam menjelaskanhal diatas, tentunya akan menambah poin penilaian tersendiri.

2. Daftarkan komunitasmu dengan cara menunjukkan struk belanja di Gramedia atau www.gramedia.com minimal Rp.50.000

3. Pengisian formulir & pengumpulan esai dilakukan melalui 2 cara:
– Cetak, di Customer Service Gramedia terdekat.
– Online, di www.gramedia.com

20 Komunitas terbaik yang tersebar diseluruh Indonesia akan mendapatkan total hadiah Rp.140.000.000,- , bantuan buku, dan workshop pengembangan komunitas. Selain itu, komunitas pemenang tersebut akan menjadi agent of change bersama Gramedia untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Untuk informasi lengkap simak akun resmi kami di Twitter (@GRCC2016), Instagram (@GRCC2016), dan fanpage Facebook kami (Gramedia Reading Community Competition 2016). Untuk pertanyaan lebih lanjut, hubungi Sdr. Azas Rifai (Public Relations Dept.) di (021) 2601234 ext. 3082 atau email di [email protected].
Ayo segera daftarkan komunitasmu dan mari bersama meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia!

Regards,

Panitia GRCC 2016
PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA
KOMPAS GRAMEDIA GROUP
Gedung Kompas Gramedia Lt. 3
Jl. Kebahagiaan 4-14 Jakarta
Email : [email protected]
Telp: 2601234 ext 3082 / 4465
Foto Bareng Bengkel Sabda dengan Gramedia Batam

Kunjungan Gramedia Batam ke Bengkel Sabda

Silaturrahmi Gramedia Batam ke Bengkel Sabda

Salam Inspirasi Bengkel Sabda!!

Selamat karena Bengkel Sabda telah masuk dalam Tahap Final 10 Besar Gramedia Reading Community Competition 2016. Oleh karena masih terdapat tahap pembuatan video, pengumuman finalis belum dapat kami publish.

Terkait tahap video, mohon setiap komunitas finalis dapat mengirimkan materi / konten video sesuai dengan panduan terlampir, paling lambat tanggal 29 Juni 2016 ke [email protected] .

Demikian informasi yang kami berikan, untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi toko yang menjadi tempat pendaftaran awal essai komunitas. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Regards,

Panitia GRCC 2016
PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA
KOMPAS GRAMEDIA GROUP
Gedung Kompas Gramedia Lt. 3
Jl. Kebahagiaan 4-14 Jakarta
Email : [email protected]
Telp: 2601234 ext 3082 / 4465

 

Setelah itu kami mendapatkan email agar mengumpulkan foto dari kegiatan komunitas dan video video penyataan dari pengurus, masyarakat, dan lain lain.

 

Panduan Pengambilan Video Finalis
Gramedia Reading Community Competition 2016

1. Tahap Video Making
Tahap video making dilaksanakan pada tanggal 23 Juni – 29 Juni 2016

a. Tahap ini merupakan pengumpulan bahan konten/ isi video dari komunitas untuk dikirimkan ke email resmi Gramedia Reading Community Competition 2016.

b. Adapun komunitas yang wajib mengumpulkan konten video adalah 10 komunitas terbaik di 5 kota (total 50 komunitas). Komunitas terbaik di setiap kota final ini ditentukan berdasarkan tahapan penjurian yang dilakukan oleh panitia pusat.

c. Komunitas mengirimkan 3 jenis file, yaitu :

1. Foto-foto kegiatan komunitas
2. video testimoni masyarakat
3. video yang menceritakan kisah inspiratif yang dialami oleh komunitas.

d. Adapun konten video adalah :

– Kegiatan Komunitas.
Komunitas mengumpulkan dokumentasi aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh komunitas, dalam bentuk foto. Jumlah minimal file foto adalah 25 buah gambar yang merupakan dokumentasi dari 3 kegiatan yang berbeda.

– Testimoni masyarakat
Komunitas mengirimkan video yang berisi rekaman testimoni masyarakat. Video ini diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan masyarakat sekitar komunitas. Masyarakat diwawancarai mengenai kebermanfaatan komunitas bagi mereka. Pertanyaan untuk masyarakat ini meliputi :

1. Apa manfaat dari keberadaan komunitas X didaerah Y bagi masyarakat?
2. Adakah perbedaan antara kondisi masyarakat sebelum dan sesudah ada komunitas ini?
3. Apa harapan dan dukungan masyarakat terhadap komunitas ini?
– Kejadian unik atau inspiratif atau kreatif selama menjalankan komunitas.

1. Komunitas mengirimkan video berisi kisah unik atau inspiratif yang didapatkan melalui wawancara langsung ke pengurus komunitas.
2. Komunitas menjelaskan mengapa kisah tersebut layak untuk diceritakan dalam kompetisi Gramedia Reading Community Competition 2016.
e. Ketentuan teknis video
– Durasi masing-masing video maksimal 2 menit.
– Format video adalah .avi / .mov/ .mp4
– Ukuran gambar video minimal 1280×720 pixel, maksimal 1920×1080 pixel.- Ukuran gambar foto minimal 2048×1536 pixel (minimal ukuran kamera handphone 3 megapixel)
– Nama / Judul video komunitas adalah : GRCC2016 (spasi) Nama Komunitas (spasi) Lokasi Komunitas (spasi) . Contoh : GRCC2016 Komunitas Baca X Lombok Testimoni.
– Dipersilakan untuk mengambil angle gambar yang menarik agar menambah kesempatan memenangkan salah satu kategori kompetisi.

2. Tahap Pengiriman File ke Panitia Pusat
a. Komunitas mengirimkan ketiga file tersebut via email (dalam bentuk lampiran) ke [email protected] . Apabila ukuran file lampiran email terlalu besar, maka komunitas dapat mengirimkan link google drive via email.
b. Apabila komunitas mengalami kesulitan untuk mengirimkan file tersebut, maka akan dipandu oleh toko terdekat.
c. Pengiriman file ke email panitia pusat paling lambat tanggal 29 Juni 2016.

 

Dan alhamdulillah, Komunitas Bengkel Sabda terpilih sebagai salah satu dari 50 Komunitas yang ada di Indonesia.

Partisipasi Bengkel Sabda dalam Gramedia Reading Community Competition 2016

Salam Inspirasi!

Bersama ini kami kirimkan pengumuman dan link video untuk tahap voting di YouTube (terlampir). Cara voting dengan cara sebagai berikut
1) Klik link video yang tersedia di pengumuman
2) Klik subcribe atau langganan di akun Youtube Gramedia Store
3) Tonton videonya dan berikan like atau suka pada video finalis favorit kamu
Voting video dimulai dari tanggal 20 Juli dan ditutup sampai 3 Agustus 2016 pukul 00.01 WIB.
Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Regards,

Panitia GRCC 2016
PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA
KOMPAS GRAMEDIA GROUP
Gedung Kompas Gramedia Lt. 3
Jl. Kebahagiaan 4-14 Jakarta
Email : [email protected]
Telp: 2601234 ext 3082 / 4465

 

Kemudian, secara tidak disangka, kami mendapatkan undangan untuk finalis dari Lomba Gramedia Reading Community Competition 2016 untuk dapat menghadiri Final GRCC 2016 Regional Sumatera.

UNDANGAN GRCC 2016 untuk Komunitas Bengkel Sabda sebagai Finalis

Kepada Yth.
Komunitas Bengkel Sabda
di tempat

Salam Inspirasi!

Bersama ini kami mengundang finalis GRCC dari Regional Sumatera untuk menghadiri Final GRCC 2016 Regional Sumatera yang akan dilaksanakan pada :

Hari, tanggal : Sabtu, 6 Agustus 2016
Waktu : 07.00 – 14.00 WIB
Tempat : Convention Hall 1, Hotel Santika Premiere Dyandra Medan,
Jalan Kapten Maulana Lubis No. 7, Medan Petisah, Medan,
Sumatera Utara

Konfirmasi kehadiran dapat disampaikan dengan membalas email ini dengan mencantumkan foto KTP serta nomor telepon yang dapat kami hubungi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Hormat Kami,

Y. Priyo Utomo
CEO PT Gramedia Asri Media

*NB : Undangan berlaku untuk 2 orang

Regards,

Panitia GRCC 2016
PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA
KOMPAS GRAMEDIA GROUP
Gedung Kompas Gramedia Lt. 3
Jl. Kebahagiaan 4-14 Jakarta
Email : [email protected]
Telp: 2601234 ext 3082 / 4465

 

Tahap selanjut nya Komunitas Bengkel Sabda diminta untuk membuat presentasi tentang rencana kegiatan kegiatan dari Komunitas Bengkel Sabda

 

Salam Inspirasi Bengkel Sabda
Selamat karena anda telah masuk dalam 10 Finalis Gramedia Reading Community Competition 2016.
Saat ini Gramedia Reading Community Competition 2016 sudah memasuki tahap voting video di YouTube untuk mencari juara favorit dari tiap regional wilayah Gramedia. Tahap selanjutnya adalah semua finalis diminta membuat presentasi project atau rencana kegiatan apa saja yang akan dilakukan apabila menjadi salah satu pemenang dari Gramedia Reading Community Competition 2016.
Dasar pemikirannya adalah jika anda menjadi salah satu pemenang, maka Gramedia akan mengirimkan paket bantuan buku selama 1 tahun ke depan. Berbekal hal itu apa yang dapat anda lakukan selama 1 tahun tersebut. Silahkan diutarakan dan dideskripsikan sejelas dan sebaik mungkin menggunakan template presentasi yang dilampirkan bersama email ini.
Harap dikumpulkan dengan mengirim kembali melalui email paling lambat tanggal Sabtu 30 Juli 2016 dengan format subject / judul email Presentasi Project_Nama Komunitas ke :
Kami informasikan kembali bahwa Undangan Final Gramedia Reading Community Competition 2016 telah kami kirimkan. Mohon konfirmasi kehadiran dengan melampirkan foto KTP serta nomor telepon yang dapat kami hubungi kembali untuk pemeberitahuan mengenai Akomodasi dan Transportasi.
Demikian informasi yang kami berikan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Regards,

Panitia GRCC 2016
PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA

KOMPAS GRAMEDIA GROUP
Gedung Kompas Gramedia Lt. 3
Jl. Kebahagiaan 4-14 Jakarta
Email : grcc2016@gramedia.com
Telp: 2601234 ext 3082 / 4465
Partisipasi dalam Gramedia Reading Community Competition 2016 03 Partisipasi dalam Gramedia Reading Community Competition 2016 04 Partisipasi dalam Gramedia Reading Community Competition 2016 05 Partisipasi dalam Gramedia Reading Community Competition 2016 06 Partisipasi dalam Gramedia Reading Community Competition 2016 07
Sekian cerita dari Komunitas Bengkel Sabda dalam partisipasi nya mengikuti Lomba Gramedia Reading Community Competition 2016.

Be the first to comment

Leave a Reply