Dokumentasi Tour Sembako 3 Bengkel Sabda Peduli

Kegiatan Tour sembako pada hari Minggu, tanggal 23 Oktober 2016.

baca juga : Tour Sembako 3 Bengkel Sabda Peduli

Sebagian dari kita mungkin Bertanya, Apa itu Tour Sembako, Tour Sembako adalah perjalanan keliling suatu Wilayah, untuk membagikan atau menyalurkan, Bantuan dari Masyarakat, mau pun dari anggota sendiri. Di mana bantuan itu di bentuk, berupa sembako, seperti beras, mie, telur, minyak, kecap dan lain-lain.

dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-01

Selain dari Bingkisan Sembako, juga terselip sejumlah uang, yang tentu nya tidak semua target, menerima selipan beberapa lembar uang tersebut. Penerima juga melalui seleksi yang ketat, tidak sembarang target, akan menerimanya. Di mana target tersebut, memiliki kriteria sebagai berikut :

baca juga : Seputar Kepri RCTI – Bengkel Sabda Gelar Bakti Sosial

1. Pedagang kecil keliling

Tukang Buah, jamu, kerupuk, cendol, baik yg berjalan kaki maupun yang bersepeda. Jika salah satu dari pedagang tersebut berusia senja, atau tua, maka dia berhak menerima paket sembako dan sejumlah uang. Begitu juga sebaliknya, jika masih muda maka yang di dapat hanya berupa bingkisan Sembako.

2.Penderita Kelainan fisik

-Tidak Semua penderita kelainan fisik ini menerima bingkisan Sembako,uang. Apabila mereka beraktifitas sebagai pengemis. Kenapa Begitu, karena seperti yang kita ketahui, di belakang layar mereka tidak lah menderita seperti yang kita lihat di jalanan, karena mereka biasanya di kampung memiliki rumah, kebun dan harta yang cukup banyak, hasil dari mereka mengemis seharian di jalan-jalan.

baca juga : Persiapan Tour Sembako 23 Oktober 2016

Namun penerima Bingkisan Sembakonya, adalah penderita kelainan fisik, yang masih mau berusaha, untuk mendapatkan uang, entah itu berjualan koran, memulung sampah, berjualan makanan kecil yang dibeberkan di pinggir jalan dan lain sebagai nya. Maka tipe penderita cacat fisik ini berhak mendapatkan Bingkisan Sembako dan beberapa lembar uang, yang di selipkan pada Sembako tersebut. Tidak ada pertimbangan usia bagi penderita kelainan fisik ini, untuk mendapatkan paket sembakonya.

Motivasi atau Niat dari Masyarakat penyumbang Dana tour sembako ini, atau dari para anggota itu berbeda-beda, ada yang ingin mendapatkan pahala, usaha lancar, kesembuhan dari suatu penyakit, keluar dari masalah dan segala permasalahan hidup lainnya. Ada juga, yang melakukannya karena tersentuh hati nurani nya untuk membantu sesamanya yang hidup nya mungkin kurang beruntung, di banding mereka (jiwa Sosial), mereka berkeyakinan, bahwa mereka tidak mengharapkan apa-apa, selain berkeyakinan apa yang mereka lakukan, memang pantas dilakukan layaknya manusia, yang memiliki hati Nurani, dan peka terhadap kesusahan Saudara2nya, sesama manusia, dan berbagai macam niat serta motivasinya.

baca juga : Bengkel Sabda Peduli

Semua pastinya kembali pada niat para penyumbang Dana tour Sembakonya, yang pasti apapun niatnya, sebagai manusia yang punya akal dan pikiran, itu pantas kita acungkan jempol. Soal balasan atas apa yang telah mereka lakukan, itu sudah pasti ada. Bukankah orang-orang tua kita dulu, pernah berkata “Tanam padi tumbuh padi”, artinya tanam kebaikan tumbuh kebaikan.

Di pandang dari sudut agama Islam, “Allah SWT akan memudahkan urusannya di akhirat, apa bila hambanya memudahkan urusan hambanya yang lain”. Dan juga para pemuka agama dulu, mengajak kita yang beruntung, baik dari segi fisik maupun ekonominya, untuk lebih merapat ke orang yang miskin, dari pada merapat ke orang orang kaya. Karena jika kita membiarkan orang orang miskin tersebut, tidak menutup kemungkinan, kejahatan akan semakin merajalela. Karena kemiskinan, mendekatkan pada kejahatan.

Manfaat lain dari menyisihkan sebgian harta kita, kepada kaum fakir miskin, melalui apapun wadahnya, seperti Tour Sembako ini contohnya, tidak sedikit para penerima bingkisan sembako ini, yang terenyuh hatinya seraya berdo’a “Alhamdulillah Semoga murah rezki, sehat selalu dan dijauhkan dari segala penyakit, amin”.

baca juga : Gerakan 1000 Taman Bacaan Batam Kepri

Secara tidak langsung, Do’a itu insyaallah sampai kepada anggota tour sembakonya, dan juga para penyumbang atau Donaturnya. Bukankah Do’a kaum yg teraniaya itu, cepat di ijabah oleh Allah swt. Subhanallah…

Untuk para pembaca, diharapkan dengan adanya kegiatan Tour Sembako ini, dapat menumbuhkan inspirasi bagi yang lain, untuk melakukan Aktifitas sosial yang sama, dengan cara yg mungkin Berbeda. Ingat, mereka yang hidup nya kurang beruntung itu, juga manusia, yang sama sama punya rasa. Baik rasa sedih, rasa ingin memiliki, rasa lapar dan lain sebagainya.

Wassalam.

(BS/Aries Toteles)

Dokumentasi dari Tour Sembako 3


dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-02
dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-03 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-04dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-05 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-06 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-07 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-08 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-09 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-10 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-11

dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-14 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-15 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-16 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-17
dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-20 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-21 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-22 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-23
dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-25 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-26 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-27 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-28 dokumentasi-tour-sembako-3-bengkel-sabda-peduli-29

1 Comment

  1. orientasi dari bengkel sabda untuk kegiatan tour sembako adalah

    miskin, tapi masih ingin berusaha, dan mereka berdagang
    kepada orang yang masih mau berusaha, walau duit nya tidak seberapa
    untuk menjadi semangat bagi orang orang yang masih ingin berusaha

    dan pada pemberian sembako tersebut, kami tidak pernah memberitahukan bahwa kami dari komunitas bengkel sabda

    (walau memakai atribut dari jaket bengkel sabda)

    yang mungkin tidak akan pernah disadari oleh masyarakat yang telah menerima paket sembako tersebut

1 Trackback / Pingback

  1. Seputar Kepri RCTI – Bengkel Sabda Gelar Bakti Sosial | BENGKEL SABDA

Leave a Reply