Hiking ke Pancuran Mukakuning

BATAM, 18 Agustus 2013, Hiking!!! Komunitas Bengkel Sabda kembali mengadakan acara menjelajah alam, kali ini tujuannya adalah hutan wisata yang terdapat di Simpang Dam Mukakuning. Warga sekitar menyebutnya “pancuran simpang dam” atau “pancuran” saja.

Untuk mencapai pancuran air tersebut, kami harus masuk hutan. Untungnya hutan tersebut medannya tidak terlalu berat, tetapi tetap saja kita harus berhati-hati karena tanahnya yang agak licin, dan hati-hati menabrak pohon.

Air pancuran di tempat tersebut cukup segar karena langung bersumber dari mata air yang ada di dalam hutan tersebut.

“Jalur pancuran ini cocok untuk wisata alam, tetapi jangan lupa tujuan sebenarnya” ucap salah satu rekan kami. Ya, tujuan utama kami sebenarnya  adalah untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di pancuran tersebut. Pancuran tersebut memang belum ada pengelolanya, sehingga pengunjung seringkali meninggalkan sampah-sampah, bahkan merusak batu-batuan dan pepohonan yang ada.

Kebetulan ada beberapa anak sekolah yang kami temui disana, sehingga kami mendapat bala bantuan gratis 😀 Tak lupa kami mengingatkan kepada mereka untuk menjaga keindahan hutan pancuran tersebut. (BS/Andria)

Leave a Reply