KISS Edisi September 2013, Berkurban dan Mendekatkan Diri kepada Allah

BATAM, (28/09) – Menyembelih hewan qurban pada hari Idul Adha adalah amal shalih yang paling utama, lebih utama dari pada sedekah yang senilai atau harga hewan qurban atau bahkan sedekah yang lebih banyak dari pada nilai hewan qurban. Karena maksud terpenting dalam berqurban adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Rasulullah shallallahu’alaihi wassallam bersabda: “Tidak ada amal yang lebih utama pada hari-hari (tasyriq) ini selain berkurban”. Lalu para sahabat bertanya, “Tidak juga jihad?” Beliau menjawab: “Tidak juga jihad. Kecuali seseorang yang keluar dari rumahnya dengan mengorbankan diri dan hartanya (di jalan Allah), lalu dia tidak kembali lagi” (HR Bukhari).

Memanfaatkan momentum tersebut, anak-anak muda kreatif dari Komunitas Bengkel Sabda kota Batam (seni, sosial, media, budaya dan enterpreneur) mengadakan kegiatan yang sangat mulia yaitu Kajian Islam Sebulan Sekali (KISS) di Masjid Baitul Azhim, Perumahan Cluster Puri Legenda, Batam Center. Acara diadakan pada hari Sabtu, 28 September 2013 yang dilangsungkan setelah ibadah sholat Isya.

Walaupun bulan Dzulhijjah masih 3 hari lagi tetapi seluruh anggota dari komunitas bengkel sabda sangat antusias mengadakan kegiatan tersebut. “Kami ingin selalu belajar dan mencari ilmu baik ilmu dunia maupun agama, dan ini menjadi kegiatan rutinitas bagi kami setiap bulannya dan juga selalu mengedepankan kegiatan sosial yang selalu dilakukannya setiap bulan juga. Kami ucapkan terimakasih banyak kepada jamaah yang hadir serta kepada pengurus masjid khususnya yang telah mengizinkan kami menyelenggarakan kegiatan KISS ini” Ungkap Sugiarto selaku wakil pengurus dari Komunitas Bengkel Sabda dalam sambutannya.

Ada yang menarik dari sambutan Bpk.Drs.H.Erizal Abdullah MA selaku perwakilan pengurus Masjid Baitul Azhim. Beliau menyarankan agar alangkah baiknya komunitas ini dapat berkoordinasi dengan Kementrian Agama kota batam agar kegiatan yang positif ini dapat berkembang dengan jamaah yang lebih banyak tentunya.

Rezeki yang diberikan oleh Allah SWT hendaknya dengan penuh kesadaran diambil sebagian untuk dikurbankan. Semangat yang dibawa oleh Idul Qurban pada hari itu, merupakan keharusan hadirnya semangat ibadah berkurban, serta keberpihakan yang kaya kepada yang miskin dengan kurban yang terbaik. Semoga, di Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada pertengahan bulan Oktober 2013 nanti, menjadi momen penting untuk mengasah jiwa berkorban, membantu peduli sesama dan memberikan bagian yang kita miliki yang menjadi hak fakir miskin dan orang lain yang berhak menerima. (BS/Baron)


1 Comment

Leave a Reply