Keindahan 3 Curug Puncak

Keindahan 3 Curug Puncak

Pesona curug memang tidak akan pernah ada habisnya. Wisata alam kerap menjadi pilihan utama untuk melepas rasa lelah dan bersitirahat sejenak dari segala penat dan kesibukan dengan menikmati pesona alam yang memanjakan mata dan nuansa yang menenangkan. Dengan begitu beban pikiran kita akan berkurang dan tubuh akan kembali segar. Salah satu daerah yang lengkap dengan pilihan wisata alam yang indah di Indonesia adalah kawasan Puncak Bogor.

Di kawasan Puncak ini, ada beberapa alternatif wisata alam yang bisa di kunjungi. Dan sampai saat ini kawasan puncak masih menjadi primadona bagi para wisatawan baik lokal maupun internasional. Akses transportasi dan akomodasi yang mudah dan terjangkau merupakan beberapa faktor pendukung di pilihnya obyek wisata di kawasan ini. Berbagai macam hotel, penginapan dan restoran lengkap telah tersedia di Puncak. Suasana alam yang indah dan udara yang sejuk juga selalu menjadi kebutuhan para pelancong dan pecinta alam. Berikut 3 curug yang menjadi primadona wisata alam Puncak karena keindahannya:

Curug Cilember

Curug ini adalah salah satu curug yang terkenal dengan kealamiannya yang masih terjaga dengan keindahan pemandangan yang mempesona. Hamparan hijau di sekitar curug, jernihnya air di sepanjang aliran curug dan juga udara segar begitu terasa saat memasuki kawasan Puncak Bogor ini. Curug yang juga dikenal dengan nama curug tujuh ini terletak di Desa Jongjongan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hal yang menarik dari curug ini adalah, ada tujuh buah curug dengan ketinggian yang berbeda di kawasan curug Cilember.

Di sepanjang perjalan menuju curug ini, ada berbagai macam tanaman dan pepohonan dengan ukuran yang besar dan berusia mencapai puluhan tahun. Di lokasi yang sama, berdekatan dengan curug, bisa kita temukan sebuah tempat penangkaran kupu-kupu yang menampung dan mengembangbiakan sekitar 12 spesies kupu-kupu. Semua pemandangan indah di curug ini akan semakin memanjakan mata hingga kita enggan untuk segera beranjak.

Sumber: Hellobogor

Di bagian pintu masuk akan ada sebuah kolam yang terbentuk dari limpahan aliran curug yang mengalir ke bagian yang lebih rendah. Kolam ini bisa anda gunakan untuk berenang. Akses yang cukup mudah ditambah dengan pemandangan yang indah menjadi daya tarik pengunjung untuk selalu kembali berkunjung. Tidak hanya sekedar bersantai menikmati sejuknya udara pegunungan di puncak tetapi juga banyak di antara mereka yang sengaja datang untuk berfoto bersama, bahkan mengagendakan foto untuk momen khusus.

Curug Panjang

Curug panjang ini menawarkan keindahan yang berbeda dari curug lainnya dan berbentuk memanjang atau slope dengan panjang sekitar 20 meter. Curug ini mengalir melalui sungai Paseban hingga alirannya membentuk empat air terjun, dengan aliran air dan arus yang cukup deras. Keempat air terjun tersebut antara lain Curug Cibalo, Curug Panjang, Curug Barong dan Curug Bunder. Aliran curug ini juga membentuk sebuah kolam alami. Air di kolam ini cukup jernih dan sebagian memancarkan warna kehijauan sebagai tanda banyaknya biota air semacam ganggang hijau yang tumbuh di sekitar air kolam. Kolam tersebut bisa digunakan untuk mandi tetapi harus berhati-hati karena kolam dapat mencapai kedalaman sekitar 6 meter, apalagi jika debit air sedang meningkat karena curah hujan yang tinggi, maka kedalaman air kolam bisa bertambah.

Di kawasan Curug Panjang, kita bisa melakukan river tracking, menyusuri sungai di sekitar curug ini. Sebelum melakukan penyusuran sungai atau river tracking ini, pastikan anda mempersiapkan segala perlengkapan tracking dan juga stamina yang cukup fit karena track yang akan dilalui cukup terjal dan licin sehingga akan banyak menguras energi. Curug ini terletak di Desa Citamiang, Paseban, Megamendung.

Sumber: Villabogor

Curug Country

Pesona keindahan curug ini juga tak kalah indahnya dengan curug lainnya. Curug ini terletak di Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor dengan akses jalan yang mudah dilalui. Curug Country ini mempunyai bentuk yang unik dan menarik karena berbentuk seperti tingkatan-tingkatan atau air terjun bertingkat dengan aliran air yang cukup deras.

Meskipun aliran curug ini cukup deras, kita masih tetap bisa bermain air atau bahkan mandi di sekitar aliran air terjun ini karena curug ini tidak terlalu dalam atau bisa juga mengambil gambar dengan latar pemandangan air terjun asalkan kita tetap waspada dan sebisa mungkin menghindari kawasan dengan debit air yang cukup besar. Air di curug ini juga sangat segar dan jernih khas mata air pegunungan yang masih alami. Jika sudah pernah ke sini mungkin anda akan betah berlama-lama mandi dan bermain air di curug yang sering disebut sebagai miniatur air terjun Niagara ini.

Nah, jika anda memang berkesempatan berjalan jalan ke tempat diatas dan anda ingin menginap tidak jauh dari lokasi anda bisa mencari penginapan di hotel yang direkomendasikan selain akan mempermudah anda mencari hotel, proses pemesanan nya pun sangatlah cepat.

Be the first to comment

Leave a Reply