Pemenang Gramedia Reading Community Competition 2016

Video Youtube dari TBM Ar-Rasyid dari Aceh sebagai video Favorit.

Salam Inspirasi Grameds! Salam Literasi Gramedia

Pemenang Gramedia Reading Community Competition 2016 05 foto bareng finalis dan panitia Gramedia
sumber foto Fans Page Gramedia Store

Pada hari Sabtu tanggal 6 Agustus 2016 kompetisi perebutan juara dari Final Gramedia Reading Community Competition 2016 Regional Sumatera di Convention Hall 1 Hotel Santika Dyandra Premier Medan telah dilaksanakan.

10 finalis GRCC 2016 Regional Sumatera yang meliputi :

  1. TBM Ar-Rasyid (Aceh),
  2. Medan Generasi Impian (Medan),
  3. Alusi Tao Toba (Samosir),
  4. Rumah Baca Kasih untuk Bangsa (Tarutung),
  5. Forum Anak Batam (Batam),
  6. Perpustakaan Remasni (Padang),
  7. Ruang Baca Tanah Ombak (Padang),
  8. Sahabat Ilmu Jambi (Jambi)
  9. Rumah Belajar Ceria (Palembang) dan
  10. Bengkel Sabda (Batam)

Anda semua luarrrr biasaa.

Selamat dihaturkan kepada :
1. Ruang Baca Tanah Ombak dari Padang, sebagai Juara 1 GRCC 2016 Regional Sumatera.

Pemenang Gramedia Reading Community Competition 2016 01 Ruang Baca Tanah Ombak dari Padang, sebagai Juara 1 GRCC 2016 Regional Sumatera
sumber foto Fans Page Gramedia Store

 

2. Alusi Tao Toba dari Samosir, sebagai Juara 2 GRCC 2016 Regional Sumatera.

Pemenang Gramedia Reading Community Competition 2016 02 Alusi Tao Toba dari Samosir, sebagai Juara 2 GRCC 2016 Regional Sumatera
sumber foto Fans Page Gramedia Store

 

3. TBM Ar-Rasyid dari Aceh, sebagai Juara 3 dan Favorit GRCC 2016 Regional Sumatera.

Pemenang Gramedia Reading Community Competition 2016 03 TBM Ar-Rasyid dari Aceh, sebagai Juara 3 dan Favorit GRCC 2016 Regional Sumatera
sumber foto Fans Page Gramedia Store

 

Pemenang Gramedia Reading Community Competition 2016 04 TBM Ar-Rasyid dari Aceh, sebagai Juara 3 dan Favorit GRCC 2016 Regional Sumatera
sumber foto Fans Page Gramedia Store

 

“Penilaian Pemenang berdasarkan konsistensi, kreatifitas dan juga manfaat keberadaan komunitas bagi masyarakat sekitar”, ujar dari Tim Juri Gramedia Reading Community Competition dalam memilih Komunitas dan Taman Baca yang terbaik.

Direktur Publishing and Education PT Gramedia Asri Media Suwandi S Brata yang memberikan langsung hadiah berupa development funding (uang tunai), sertifikat, trofi dan juga bantuan buku selama satu tahun oleh Gramedia ke Ruang Baca Tanah Ombak Padang.

Selalu bersemangat dalam menjadi penggiat dan pejuang literasi dengan tanpa pamrih untuk gerakan minat membaca pada anak anak yang diharapkan dapat menjadi masa depan dunia Indonesia. Virus Membaca memang wajib ditularkan dan ditebarkan guna meningkatkan pengetahuan secara bertahap.

Jadilah agen perubahan bersama Gramedia.

sumber : facebook fans page Gramedia Store

Direktur Publishing and Education PT Gramedia Asri Media Suwandi S Brata memberikan kata sambutan pada final Gramedia Reading Community Competition 2016, Sabtu tanggal 06 Agustus 2016
sumber foto : Tribun Medan/Hendrik Fernandes

Direktur Publishing and Education PT Gramedia Asri Media, Suwandi S Brata mengatakan, gelaran reading competition yang digelar adalah yang pertama di Indonesia. Dalam sambutannya, Suwandi juga menyampaikan hingga kini minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah.

“Tujuan acara ini untuk meningkatkan minat baca Indonesia. Minat baca kita peringkat 64 dari 120 negara, artinya masih di bawah garis tengah. Ngomong literasi, kita terburuk kedua di dunia. Kita hanya di atas Etiopia. Gramedia mau ajak semua masyarakat membaca. Membaca itu keren,” sebut Suwandi, dihadapan para tamu yang hadir.

sumber : http://medan.tribunnews.com/2016/08/06/membaca-itu-keren

Sekda Kota Medan Hadiri Final Gramedia Reading Community Competition

Sepatah kata dari Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, diwakili Sekretaris Daerah Kota Medan, Ir Syaiful Bahri Lubis, “Rendahnya minat baca dan terbatasnya jangkauan fasilitas penunjang literasi di Indonesia, menjadi perhatian untuk diselenggarakannya kompetisi Gramedia Reading Community Competition ini. Membaca merupakan aktor utama dalam meningkatkan kualitas masyarakat dari segi pendidikan, baik dari segi formal maupun informal.

Menurut Eldin, Upaya pembudayaan membaca harus ditanamkan dan dilatih pada masyarakat sedini mungkin, serta dilakukan secara komunikatif.

Penanganan budaya baca tidak cukup hanya dilakukan oleh guru atau komunitas di sekolah.

Tetapi peran orang tua, masyarakat, lingkungan, pemerintah, sampai pada lembaga swasta, juga merupakan faktor yang cukup penting ungkapnya.

Eldin berharap, semoga melalui kegiatan Gramedia Reading Community Competition ini, lahir insan-insan yang kaya akan ilmu, cerdas dan bermartabat.

Dalam kesempatan ini Syaiful mengatakan, dengan membaca kita akan mengetahui lebih banyak lagi manfaat serta dapat mengubah diri kita untuk bisa memahami hal-hal yang berada disekeliling kita.

Sementara itu, Suwandi selaku Direktur Publishing & Education PT Gramedia Asri Media menyampaikan, Gramedia ingin menjadi inspirator dan talang inspirasi bagi seluruh masyarakat di Indonesia, demi Indonesia yang jaya.

Perlu diketahui, acara nasional ini, telah memasuki babak final sebanyak 815 komunitas dan taman baca dari seluruh Indonesia, berkompetisi untuk memperebutkan juara di regionalnya masing-masing.

sumber : http://www.pemkomedan.go.id/artikel-15592-sekda-kota-medan-hadiri-final-gramedia-reading-community-competition.html

Pemenang Gramedia Reading Community Competition 2016 06 kesawan square media

baca juga : Partisipasi dalam Gramedia Reading Community Competition 2016

Be the first to comment

Leave a Reply