Waspada kutu busuk pada bayi

waspada kutu busuk pada bayi, ini hal hal yang perlu diketahui

Kutu busuk merupakan binatang kecil yang keberadaannya kerap mengganggu banyak orang. Binatang ini kerap kali menjadi tamu tak diundang di setiap rumah. Enggak heran, jika kutu busuk memiliki banyak korban baik anak-anak ataupun orang dewasa melalui cara menggigit.

Dalam keadaan ini kulit bayi merupakan yang paling sensitif dibanding dengan yang lainnya. Dengan begitu, kebersihan area di sekelilingnya haruslah dijaga dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan teratur mengganti sprei, sarung bantal serta selimut yang digunakan bayi sehari-hari sehingga terhindar dari abu, kotoran dan juga lembap.

Perlengkapan tidur bayi yang lembab dan juga kotor merupakan tempat yang menyenangkan buat kutu kasur untuk berkembangbiak. Sekalipun telah teratur dibersihkan, nyatanya si Kutu ini masih dapat menyelinap tanpa diketahui, berada di sela-sela kasur dan juga perlengkapan tidur dan kemudian menggigit si Kecil. Akibatnya, si Kecil mencicipi gatal yang luar biasa dan mengakibatkan tidak nyaman serta rewel pada si kecil.

Lantas, seperti apa cara mengatasi kutu busuk? Berikut kami rangkum serangkaian informasi penting cara mengatasi gigitan kutu kasur pada bayi, berikut pencegahannya.

#Habitat serta Sifat Kutu Kasur

Kutu kasur suka bermukim di tempat yang hangat dan juga kering. Ukurannya sangat kecil sehingga enggak kasat mata.

Ketika menggigit manusia, sebenarnya tidak terdapat rasa sakit yang ditimbulkan. Tapi, bekas gigitannya timbul berupa benjolan berwarna merah maupun merah muda. Bila bayi anda berkulit sensitif, gigitannya dapat membesar dan juga membekas.

#Menyembuhkan Gigitan Kutu Kasur

Banyak informasi yang beredar jika kutu kasur mampu menularkan penyakit melalui darah. Akan Tetapi, hal ini tidaklah tepat. Kutu kasur tidak mampu menularkan penyakit. Namun rasa gatalnya memang membuat siapapun merasa tak nyaman, terlebih pada bayi.

Rasa gatal efek gigitan kutu kasur ini bisa diatasi dengan obat kortikosteroid topikal. Tapi obat ini wajib diberikan oleh dokter supaya dosisnya tepat.

Memandikan bayi dengan oatmeal juga dapat membantu meredakan kulit yang gatal. Tambahkan oatmeal ke dalam rendaman air hangat yang dipakai bayi untuk mandi. Pastikan memperhatikan bayi anda ketika mandi memakai oatmeal sebab teksturnya yang cukup licin seusai terkena air.

#Mengatasi Luka Kutu yang Memicu Bekas Luka

Rasa gatal alami terjadi ketika kutu kasur menggigit tubuh manusia. Rasa gatal ini seringkali tidak tertahankan akibatnya bayi secara refleks akan menggaruknya. Supaya tidak mengakibatkan luka membekas pada kulit bayi, jaga agar kuku bayi tetap pendek sementara gigitan kutu kasur pulih. Menggaruk gigitannya dapat mengakibatkan kulit berdarah, alhasil menimbulkan infeksi kuman di kulit.

#Cara Membasmi Kutu pada Kasur

Buat membasmi kutu kasur, cuci gorden, sprei, sarung bantal dan juga selimut secara teratur dengan air panas. Kemudian Keringkan dalam mesin pengering dengan pengaturan panas serta setrika dengan suhu yang tinggi.

waspada kutu busuk pada bayi, ini hal hal yang perlu diketahui

Apabila Anda masih tidak yakin dengan metode pembersihan yang telah dilakukan, hubungi jasa basmi kutu di daerah anda karena pada umumnya mereka mempunyai metode serta alat yang mumpuni untuk menyingkirkan kutu kasur dengan cara yang maksimal.

Alasan lain mengapa jasa basmi kutu lebih efektif, karena :

1. Perawatan efektif memanfaatkan insektisida tertentu untuk kutu busuk

2. Inspeksi yang tepat di tempat-tempat yang berpotensi untuk kutu busuk bersembunyi

3. Layanan jaminan buat rumah ataupun bidang usaha Anda

Kutu kasur seringkali didapati pada tempat dengan pergantian manusia yang tinggi, semacam penginapan maupun apartemen. Apabila si Kecil menghabiskan waktu di tempat-tempat ini, pastikan untuk memeriksa tubuhnya dengan teliti dan juga membersihkan tempat tidur serta mengganti bajunya secara rutin.

Be the first to comment

Leave a Reply