Bakti Sosial Edisi September 2013 : Pulau Akar, Batam

Batam, Seyogyanya saling berbagi adalah fitrah manusia sebagai makhluk sosial. Dan untuk aksi sosialnya kali ini, Komunitas Bengkel Sabda memilih sebuah Pulau kecil yang terletak di seberang jembatan 2 Barelang sebagai tujuan bakti sosialnya edisi bulan September 2013.

Berdasarkan hasil survey sebelumnya didapat data bahwa Pulau Akar memiliki 137 kepala keluarga, 13 orang anak yatim piatu, dan 14 orang janda, serta membutuhkan tambahan Alqur’an, Iqra’, dan Surat Yasin.

“Kegiatan bakti sosial kali ini dapat berjalan dengan sedemikian rupa tidak terlepas dari peran, bantuan dan kerjasama dari para anggota Komunitas Bengkel Sabda pada umumnya, dan para donatur pada khususnya, dan karena itu saya mengucapkan banyak terimakasih kepada para donatur yang telah memberikan bantuannya demi terlaksananya kegiatan bakti sosial Komunitas Bengkel Sabda kali ini”, tutur Sigit Sugiharto selaku Ketua Komunitas Bengkel Sabda ketika ditanya pendapatnya mengenai kegiatan Bakti Sosial kali ini.

Adapun agenda kegiatan bakti sosial yang berlangsung pada hari Minggu, tanggal 22 September 2013 lalu diantaranya, penyerahan bantuan berupa Alqur’an, Iqra’, Surat Yasin, paket sembako, santunan untuk anak yatim dan janda, serta tempat sampah, pemberian Penkes atau Pendidikan Kesehatan seputar PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, serta gotong royong bersama masyarakat Pulau Akar, yang dimulai dari pukul 10.00 wib hingga pukul 14.30 wib.

Sebuah keunikan yang terlihat saat pertama kali tiba di pulau kecil ini adalah sebuah bangunan Mesjid yang arsitekturnya hampir menyerupai bangunan Mesjid bersejarah yang terletak di Pulau Penyengat. Sambutan hangat dan antusiasme dari masyarakat Pulau Akar kami rasakan ketika pertama kali menginjakkan kaki di Mesjid kebanggaan masyarakat Pulau Akar ini.

“Saya mewakili seluruh masyarakat Pulau Akar mengucapkan banyak terimakasih kepada Komunitas Bengkel Sabda yang telah memilih pulau kecil kami sebagai tujuan dari kegiatan sosialnya, Saya berharap kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus dikembangkan oleh generasi-generasi selanjutnya”, tutur Bapak Kamaruddin selaku Ketua RW Pulau Akar saat memberikan sambutannya pada pembukaan acara bakti sosial ini.

“Kesadaran masyarakat dan generasi-generasi muda untuk terus mengasah jiwa sosialnya masih sangat kami harapkan, karena sedekah dan bantuan yang kita berikan tidak akan mengurangi nominal harta yang kita miliki. Melainkan akan menambah dan membersihkan penghasilan yang kita dapatkan”, tutup Kang Mas Sugiarto selaku Wakil Ketua Komunitas Bengkel Sabda. (BS/Arreza MP)

1 Comment

Leave a Reply